Thursday 28 July 2011

Benarkah air berwarna bening?

halo gan
agan2 tahu air kan?
yang biasa buat mandi itu lho
kalo ngga tahu yah agan ngga pernah mandi

http://pustaka.pu.go.id/images/headline/air_pujas.jpg

nah permasalahannya disini gan
bener kagak ye air itu warnanya bening?

ternyata ngga gan! Air bersih memiliki warna, warna air adalah biru, mengapa begitu? Karena “lapisan” air menyerap “gelombang” cahaya matahari Nah molekul-molekul air ini “menyerap” warna-warna itu dan menyisakan warna biru, dan itulah yang terlihat oleh mata kita.agan tidak akan bisa melihat warna “biru” air itu pada segelas air, tapi coba deh agan tuangkan air ke dalam bak kamar mandi kamu hingga penuh (yang berwarna putih), lalu amati warnanya, “biru” kan?. Karena sekali lagi “lapisan” air di gelas tidak lah cukup menyerap “warna cahaya” yang datang kepadanya, sehingga air tidak bisa menunjukkan warna biru aslinya.

Inget gan bak mandinya warna putih bersih kagak putih butek

http://1.bp.blogspot.com/_hx7oV9_PmGY/S-5860fB22I/AAAAAAAAAt8/k6_mlNAppxY/s400/air.jpg

Contoh bak mandi putih bersih dan putih butek

Berarti sudah jelas kan gan, kenapa air laut yang lebih luas dari bak kamar mandi agan berwarna biru?
Eh bentar gan, lautan mengandung banyak sekali partikel-partikel mulai dari ikan, karang, plankton, dan sebagainya. Ada juga zat organik terlarut yang dalam istilah Jerman disebut gelbstoff. Materi-materi ini lah yang menyebabkan “penyerapan” cahaya matahari sehingga hanya menyisakan warna “biru gelap” bagi lautan.
Selain penyerapan atau adsobsi cahaya, warna laut disebabkan juga oleh “penghamburan cahaya” oleh mahluk-mahluk kecil di laut seperti fitoplankton (tumbuhan sangat kecil) dan zooplankton (hewan sangat kecil). Akibatnya, agan juga kerap melihat warna laut biru cerah kehijauan di perairan yang ada di laut di daerah tropis termasuk di negeri kita. Cahaya matahari yang berlimpah dan iklim panas sangat baik buat pertumbuhan plankton.
http://1.bp.blogspot.com/_JNmQwsyVAUU/TSShSd_FD8I/AAAAAAAABGM/W6O8oD9ugAo/s1600/air-dan-prosentasenya1.jpg
Oh ya satu lagi, warna langit juga ikut memberi andil bagi warna laut, tapi kecil sekali, setidaknya jika langit mendung, air laut juga tidak “kebiru-an”

http://www.idiejt.0fees.net/wp-content/uploads/2011/02/air.jpg





sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7044067

No comments:

Post a Comment